Kali ini saya akan membahas prinsip kerja dari karburator, yang sebagian orang sudah tahu tentang karburator baik yang digunakan pada mobil atau sepeda motor.
Fungsi utama dari karburator adalah untuk mencampur bahan bakar (bensin) dengan udara sebelum campuran tersebut masuk kedalam ruang bakar di dalam silinder.
Untuk penjelasanya silakan baca selengkapnya tentang prinsip kerja karburator di bawah ini.
I. Uap Campuran
Bensin cair (sukar meledak) Uap bensin (mudah meledak)
Maka dari itu,..
Bensin harus diubah dari bentuk cair menjadi uap.
Bgaimana caranya...?
Caranya adalah : Caranya adalah :
Fungsi utama dari karburator adalah untuk mencampur bahan bakar (bensin) dengan udara sebelum campuran tersebut masuk kedalam ruang bakar di dalam silinder.
Untuk penjelasanya silakan baca selengkapnya tentang prinsip kerja karburator di bawah ini.
I. Uap Campuran
Bensin cair (sukar meledak) Uap bensin (mudah meledak)
Maka dari itu,..
Bensin harus diubah dari bentuk cair menjadi uap.
Bgaimana caranya...?
1. Mengatomisasikan 2. Menguapkan melalui pemanasan
(memecahkan menjadi
bagian-bagian yang kecil)
Caranya adalah : Caranya adalah :
Mengatur datangnya arus udara Memanaskan dasar carburator
tegak lurus atas saluran bensin (manifold)
Agar terjadi pembakaran yang sempurna (terbakar semua)
1. Bagaimanakah perbandingan bahan bakar dan udara tersebut ?
Perbandingan campuran udara & bensin yang ideal (stochiometri) untuk pembakaran di dalam mesin pada suhu & tekanan tertentu, andaikan pengisian silinder normal adalah :
1 Bagian bahan bakar dan 15 Bagian udara
2. Apakah yang dimaksud campuran homogen ?
Pembagian yang merata dari bagian-bagian terkecil udara & bagian-bagian terkecil bensin.
KENAPA ?
Bagaimana bentuk campuran putaran idle ?
Pada putaran idle, perbandingan campuran bensin & udara 1 : 18 adalah terlalu kurus sehingga tidak didapat putaran yang baik dan mungkin mesin sukar untuk hidup, untuk itu pada putaran idle campuran yang digunakan adalah 1 : 12, hal ini untuk mengatasi gesekan dan momen mesin pada putaran rendah.
1. Pada saat kecepatan udara rendah : Vakum di dalam pipa bahan bakar kecil, sehingga tidak mampu menghisap bahan bakar keluar. | 2. Pada saat kecepatan udara tinggi : Pada kecepatan udara tinggi, maka vakum di dalam pipa bahan bakar besar, sehingga bahan bakar terhisap keluar. |
Bagaimana timbulnya aliran udara
Gerakan turun naik piston mengakibatkan terjadinya aliran udara di dalam pipa tabung yang menghisap bahan bakar ke dalam ruang silinder
Karburator Dasar.
Apa fungsi ruang pelampung ?
Menampung sementara bensin sebelum dialirkan ke saluran-saluran karburator.
Apa fungsi Throttle Butterfly ?
Mengatur besar kecilnya aliran udara yang masukke ruang silinder, jadi mengatur jumlah campuran udara & bensin yang masuk
Perbandingan jumlah bahan bakar dan udara pada kerburator dasar.
Udara , arus udara akan seirama dengan kecepatan mesin.
Bensin, untuk mengeluarkan bensin dari jet, dibutuhkan suatu hisapan minimal tertentu
Bensin Udara
Kekurangan pada karburator dasar adalah :
1. Tidak menjamin campuran udara dan bensin yang tepat dan tetap.
2. Tidak memiliki alat-alat penambahan / pengurangan bahan bakar, untuk keperluan mesin pada
berbagai kecepatan.
1. Tidak ada alat untuk start dalam keadaan dingin.
2. Tidak ada alat untuk menambah bensin pada waktu dibutuhkan tenaga.
Bagaimana mendapatkan perbandingan campuran bahan bakar dan udara yang baik dan benar ?
Pemecahan praktis
1. Penggemukan 2. Pengurusan
Mengunakan jet kecil + penggemukan Mengunakan jet besar + pengurusan
Perbaikan campuran harus dilakukan secara otomatis. Untuk itu kita akan menggunakan kemungkinan yang kedua dengan perbaikan secara otomatis.
Cara memperbaiki campuran bahan bakar secara otomatis dengan tabung emulsi dan jet
perbaikan udara (air jet).
Caranya adalah :
Vakum di daerah jet harus dikurangi progresip dengan bertambahnya udara yang mengalir di dalam tabung choke.
Beberapa cara memelihara suplay bahan bakar melalui jet dengan memberikan udara ke dalam saluran bahan bakar.
1. Vakum bekerja di atas jet, dan besarnya bensin yang keluar dibatasi oleh jet.
2. Vakum bekerja di atas saluran bensin. Bensin yang keluar lebih banyak.
3. Vakum bekerja di atas jet, tetapi bensin tidak terhisap keluar karena udara yang masuk melalui P banyak. 4. Vakum bekerja di atas saluran bensin, tetapi bensin tidak terhisap keluar karena udara yang masuk melalui P banyak.
5. Vakum bekerja di atas saluran bensin, bensin yang keluar terbatas karena udara yang masuk melalui J kecil. Udara yang masuk dibatasi oleh jet J.
Cara Kerja tabung emulsi pada karburator dasar.
Cara kerja :
Dengan menurunnya permukaan bensin di dalam tabung E, maka akan terbuka satu saluran dengan
penambahan udara.
Campuran menjadi lebih kurus, karena ada penambahan udara.Arus bensin pada diffuser akan
menjadi sama seperti arus bensin dengan jet yang lebih kecil.
Pemasangan tabung emulsi pada saluran utama/main Circuit.
Karburator Dasar + Perbaikan Otomatis + Tabung Emulsi = Main Circuit
Sehingga main Circuit menghasilkan : campuran udara dan bensin yang ekonomis. Bensin : udara = 1 : 18
Bagaimana cara mendapatkan arus udara yang cukup tinggi sehingga mendapatkan
kevacuman di dalam saluran bahan bakar sehingga dapat menghisap bahan bakar keluar .
kevacuman di dalam saluran bahan bakar sehingga dapat menghisap bahan bakar keluar .
Caranya dengan menempatkan venturi
Banyaknya bahan bakar yang keluar tergantung dari besarnya saluran bahan bakar dalam suatu vacum tertentu
Bagaimana kita dapat mengatur/mengendalikan banyaknya bahan bakar yang keluar dari salurannya ?
Yakni dengan sebuah jet, untuk mengatur banyaknya bahan bakar yang keluar dari salurannya
Untuk arus udara yang sama besarnya maka :
Jet diameter besar Jet diameter kecil
Memberi arus bensin besar Memberi arus bensin kecil
Jenis-jenis venture
Venture tetap
Venture variable
Urutan pembukaan katup gas
Jenis-jenis venture
Venture tetap
Kecepatan udara pada venturi tergantung hisapan piston
Venturi-venturi sekunder dapat memperbaiki pengatomisasian bahan bakar melalui gesekan udaraVenture variable
Urutan pembukaan katup gas
Type Karburator Down Draft
Kelebihannya adalah ?
· Mudah menghisap bahan bakar
· Vakum bekerja searah dengan gaya berat.
Udara dan bahan bakar dipengaruhi oleh gaya berat.
Kekurangannya adalah ?
Kebocoran katup jarum mengakibatkan ruang silinder menjadi basah.
Beberapa type karburator jika dilihat dari aliran udaranya
1. Side druft 2. Up stream 3. Down drsuft
Arah aliran udara
Karburator dasar terdiri dari Fungsi
Pelampung memelihara permukaan bensin tetap konstan
Throttle Butterfly mengatur besar kecilnya arus udara
Venturi mempercepat kecepatan arus udara
Diffuser mempercepat kecepatan arus udara
Jet membatasi aliran bahan bakar
Bagaimana pada putaran rendah ?
Jika throttle tertutup maka tidak ada arus udara yang melewati. Dapat menyebabkan mesin tidak bisa
idling.
Oleh karena itu harus dibuat saluran lain !
Idle circuit
Sistem dengan throttle pada posisi tertentu :
Throttle Butterfly pada posisi ini akan tertutup dengan sudut tertentu, maka pemasukan udara adalah melalui suatu saluran khusus dengan baut penyetel bagian atas kanan.
Keuntungan sistem ini adalah :
1. Arus udara lebih terkontrol oleh baut penyetel.
2. Homogen campuran lebih sempurna pada ujung saluran idle.
3. Polusi saat idle berkurang.
Progresif circuit
Untuk apa diperlukan saluran progresif ?
Untuk memberi peralihan yang rata
Diantara saluran idle Dengan saluran utama.
Saluran progresip ini biasanya terdiri dari lubang-lubang atau celah
Acceleration Circuit /Saluran Akselerasi
> Jumlah udara yang masuk banyak.
> Suplay bahan bakar tertunda.
Akibatnya ?
Campuran menjadi kurus bilamana diameter tabung choke diperlebar.
Campuran perlu digemukkan.
Gambar di atas adalah pompa akselerasi dengan membran, ada juga yang menggunakan pompa akselerasi dengan piston.
Econostat Circuit
Econostat Circuit bekerja pada saat ?
Kecepatan tinggi untuk mencegah kekurangan bahan bakar, dimana bahan bakar dialirkan melalui econostat yang bekerja karena vakum pada ujung saluran.Power Circuit
Bilakah power Circuit bekerja ?
Pada tanjakan, throttle valve terbuka penuh(pedal gas diinjak penuh). Diperlukan tenaga maksimum, tetapi rpm mesin rendah dan arus udara di dalam karburator juga rendah, bensin yang keluar pada saluran utama kurang. Diperlukan penambahan bensin.Cara kerja Power Circuit :
Pada saat idle dan kecepatan mesin rata-rata katup penambahan bahan bakar tertutup.
Pada kecepatan rendah dimana throttle terbuka penuh dan rpm mesin rendah, maka vakum juga rendah.
Pegas mendorong katup, saluran tambahan bensin terbuka dan menambah bensin kepada saluran utama di tabung emulsi.
Perlengkapan menghidupkan mesin pada saat dingin.
Apa yang terjadi pada saat mesin dan intake manifold dalam keadaan dingin ?
Bensin berkondensasi (menempel) pada dinding manifold dan silinder.
Untuk itu campuran perlu diperkaya
Kira-kira = bensin 1 : udara 8
Tujuannya adalah :
Memperkaya campuran (mencegah terjadinya campuran kurus) agar mudah terbakar.
Choke
Beberapa istilah dalam penyetelan karburator :
1. Positive Throttle Opening (PTO) :
Posisi throttle terbuka sedikit pada waktu choke tertutup.
Gunanya untuk mencapai rpm tertentu guna pemanasan mesin di waktu dingin.
2. Choke Opening After Starting (COAS) :
Posisi katup choke membuka sedikit setelah mesin hidup.
Gunanya mendapatkan udara agar mesin tetap hidup.
3. Normal Idling Position (NIP) :
Posisi katup choke terbuka penuh
Gunanya mencegah campuran yang terlalu gemuk
Demikianlah pembahasan tentang prinsip dari karburator yang terdapat pada kendaraan baik mobil maupun sepeda motor semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.
wah makasih nih wawasannya...
ReplyDeletehttp://cv-pengobatan.com/